Sabtu, 02 Juni 2012

Tolong, Istriku Diabetes Tipe 1


Tanya:

Dear Dokter,
Ada seorang keluarga muda yang belum setahun menikah, akan tetapi pada saat ini pasangan tersebut mengalami masalah besar, Yaitu sang istri di diagnosa mengalami Diabetes Tipe 1. Sang suami kaget pada saat mengetahui hal tersebut. Saat ini sudah berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, dan sarannya adalah harus insulin. Atau bisa juga dengan obat oral, akan tetapi dalam jangka panjang akan berdampak kurang baik. Sang suami mulai bingung apa yang harus dilakukan sekarang.
Sang suami ingin berharap mendapatkan momongan secepatnya atas pernikahan tersebut. Namun, yang menjadi masalah sekarang adalah apakah ada pengaruh dari diabetes yang dialami sang istri terhadap kesuburan sang istri? Dan apakah ada risiko tertentu apabila terjadi kehamilan pada istri tersebut? (Ini kisah nyata seorang pasangan muda)
Herman

Jawab:



Sebetulnya semua penyakit datangnya dari Allah. Jadi suami yg baik mestinya tidak perlu bingung kalau mendapatkan isteri terkena DM tipe satu.
Dengan pengobatan yg baik (mestinya langsung pakai insulin) maka DM tipe satu bisa dikendalikan dengan baik pula. Bisa hamil sesuai rencana kalau Allah menghendaki.
Efek untuk janin kadang lahir dengan hipoglikemi, tapi sdh ada dokter yg mahir untuk menangani hal itu.
Teruslah bersabar. Insya allah ada hikmah besar di balik setiap peristiwa. Sayangilah isteri apapun keadaannya. Itu merupakan amanah dari Allah. Pendekatannya adalah demikian. Bukan cuma kaget dan merenungi nasib.

0 komentar:

Posting Komentar