Jumat, 08 Juni 2012

Bronchitis Kronis, Bisakah Diobati?


Tanya:
Saya pernah dapat info dari dokter spesialis paru, bahwa bronchitis kronis tidak bisa diobati. Apa benar demikian? Kebetulan saudara saya, sejak kelas 4 SD divonis penyakit itu, terus sekarang sering kambuh dan sesak tanpa tahu penyebab awalnya apa. Hingga tidak bisa beraktivitas maksimal karena lebih gampang capek.
Hafis

Jawab:

Hafis,
Bronkhitis kronis merupakan peradangan ataupun infeksi di saluran nafas bawah. Pasien dengan penyakit ini seringkali rentan atau sensitif terhadap zat dari luar yang merangsang timbulnya peradangan. Misalnya asap rokok, asap kendaraan, debu rumah, serbuk gergaji kayu, serbuk sari dari bunga tertentu. Demikian pula sensitif terhadap kelelahan baik fisik maupun psikis (cemas, stres, depresi, marah, panik).

Pasien ini jika bersentuhan dengan keadaan di atas sering mudah kambuh bronkhitisnya. Akibatnya, dokter sering mengatakan bahwa penyakit ini sulit disembuhkan. Hanya bisa dikendalikan agar tidak mudah kambuh dg menghindari zat atau keadaan yang memudahkan munculnya bronkhitis. Masing-masing pasien berbeda, sehingga diharapkan memperhatian zat apa atau keadaan bagaimana yang memudahkan munculnya bronkhitis. Setelah itu berusaha menghindarinya.

Olahraga merupakan salah satu cara untuk mencegah jambuhnya bronkhitis. Olahraga apa saja bisa asal tidak sampai kelelahan.
Jika kambuh segera hubungi dokter keluarga. Jangan pindah-pindah dokter.

0 komentar:

Posting Komentar