Sabtu, 16 Juni 2012

Anak-anak Bisa Gagal Ginjal?


Tanya:

Dok, saya mau tanya mengenai kesehatan anak saya perempuan usia 12 tahun, Apakah gagal ginjal dapat terjadi pada anak seusia anak saya? Dan apakah dapat terjadi secara mendadak atau melalui proses waktu yang lama sehingga bisa dideteksi sejak dini dan bisa diobati dengan berbagai alternatif?

Jika bisa terjadi mendadak, apakah salah obat? Misalnya, menjadi penyebab/pemicu gagal ginjal mendadak pada penderita yang sebelumnya sehat bugar. Soalnya semingga sebelum diketahui gagal ginjal anak saya berobat ke dokter praktek dan setelah minum obat dari dokter kaki dan mukanya bengkak. Atas penjelasannya saya ucapkan terima kasih. Semoga dokter sekeluarga sehat dan sukses selalu.

Suryana Slamet

Jawab:



Sdr Suryana Slamet,
Penyakit gagal ginjal ada dua: gagal ginjal akut, dan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal akut disebabkan oleh perdarahan, kekurangan cairan (diare akut dehidrasi berat) dan reaksi alergi obat, atau infeksi berat (sepsis).
Sedangkan gagal ginjal kronik disebabkan oleh diabetes mellitus (kencing manis), hipertensi, infeksi ginjal, batu ginjal yang tidak diambil.
Pada anak umur 12 tahun juga dapat terserang penyakit ginjal kronis.
Gejalanya sering tidak jelas, hanya badan “nglungkrah” (tidak nyaman - Jawa), mudah lelah, buang air keccil tidak lancar, sebagian buang air kecil bercampur darah. Sebagian mengalami hipertensi dan anemia (kadar Hemoglobin rendah).
Diagnosis ditegakkan dengan USG dan pemeriksaan darah :  didapatkan hasil ureum kreatinin yang meningkat tajam.
Penanganannya dengan cuci darah.
Apakah disebabkan oleh obat yg diberikan oleh dokter tidak bisa diketahui secara pasti.
Semoga ada jalan keluar yang baik.

1 komentar:

Mayor sutrisno mengatakan...

Bapak saya dulu kena gagal ginjal akibat hipertensi... Dan di harus kan melakukan hemodialisa 1 minggu 2x... Dan sudah br jalan 7 bulan... Bpk ngeluh sakit saat melakukan hemodialisa... Akhir nya ada kawan yg punya rekomendasi untuk brobat ke salah satu dokter yg prnah tangani keluarga ny dan alhamdulillah sembuh.. Selama kosumsi obat resep dari dokter tr sebut selama 6 bulan rutin dan hemodialisa rutin juga... Tapi dari bulan ke bulan jeda yg awal hemodialisa 1 minggu 2x perlahan lahan menjadi 1 bulan 1x dan akhir nya bebas dari hemodialisa dan di nyatakan sembuh dari penyakit gagal ginjal nya oleh team dokter yg di rumah sakit... Alhamdulillah semua ini berkat ijin allah... Dan kami pun mencoba menghubungi beliau untuk brobat ke dokter tr sebut. Tapi masyah allah jauh banget jarak antara rumah saya dng si dokter tr sebut... Dan si dokter bilang gak apa apa... Nanti obat bisa saya kirim ke alamat nya... Dan harus cuci darah juga... Karna obat yg di kirim ini tidak bisa menggantikan untuk cuci darah.. Tapi perlahan lahan memperbaiki fungsi ginjal, dan kami pun mencoba nya dan perlahan lahan bener apa kata kawan saya tu... Dari dari bulan ke bulan jadwal hemodialisa nya br kurang dan di bulan ke 6 bapak di nyatakan sembuh dan tidak harus hemodialisa lagi...kami sangat br syukur atas ijin allah di beri kesembuhan dari penyakit yg kata nya gak bisa sembuh dan harus hemodialisa seumur hidup atau ganti ginjal baru itu... Bener kata dokter tr sebut... Semua penyakit ada obat nya kecuali tua.. Bagi yg masih sakit gagal ginjal saya saran kan coba brobat ke dokter Eliza nama beliau semoga bisa sembuh sprti bpk saya ini. Ini no wa dr eliza 082269614664 semoga bisa membantu dan bisa menjadi spirit untuk kesembuhan yang lain nya... Jangan lupa br doa dan br sedekah...

Posting Komentar