Kamis, 07 Juni 2012

Vonis Penyakit GERD


Pertanyaan
maaf dr. muchlis…. saya juga mau bertanya nih dok. saya pernah di vonis dokter terkena GERD, tandanya, tiba2 lemas, sulit bernafas, sangat sering sekali bersendawa, perut kembung, kadang hilang keseimbangan (seperti melayang), perasaan tidak enak, punggung seperti panas/kesemutan namun tidak sering. sehabis makan kadang ketika bersendawa makanan itu naik. namun saya tidak merasakan sakit di ulu hati, yang jadi perhatian saya adalah sendawa yang terlalu sering dan perut kencang/kembung. apakah itu juga GERD?? atau ZES (Zollinger Ellison Syndrome) ini?? saya saat ini hanya mengkonsumsi obat herbal untuk maag, hasilnya sendawa itu datang dan pergi, haruskah saya periksakan lagi tentang gejala ini dok?? terima kasihAndy Handriana, jakarta.

Jawaban

Sdr Andri Handriana
Penyakit GERD (Gastro Esofageal Reflux Duodeni) adalah penyakit saluran pencernaan akibat cairan lambung (yang bersifat asam) naik ke atas (esofagus, saluran cerna yang menghubungkan rongga mulut kita dengan lambung). Berhubung cairan lambung bersifat asam, maka ketika cairan itu masuk ke esofagus, maka akan terasa panas seperti terbakar di daerah di atas lambung (uluhati). Berhubung gas yang di lambung jumlahnya meningkat, maka kita akan mengeluh sering bersendawa. Penyakit ini dapat ditegakkan diagnosisnya dengan melakukan pemeriksaan Gastroskopi (meneropong lambung dengan menggunakan alat semacam senar ke dalam lambung). Pengobatannya dengan mengkonsumsi obat yang menekan produksi asam lambung, dan mengurangi gejala yang ditimbulkannya. Biasanya dengan pengobatan yang teratur akan dapat sembuh dan tidak kambuh lagi. Jadi sebaiknya berkonsultasi kembali ke dokter keluarga yang menangani penyakit GERD sebelumnya. Minumlah secara teratur obat yang diberikan dokter. Sebab pengobatan GERD memerlukan ketelatenan dan keteraturan minum obat. Tidak bisa dalam waktu singkat segera sembuh.
Adapun penyakit ZES untuk sementara belum dapat kami jawab mengingat keterbatasan pengetahuan kami.
Semoga selalu sehat.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya sembuh dari penyakit Asam Lambung dan GERD menggunakan makanan Organik. Iwan YaS. 0812 107 444 86, 0878 777 44 55 4, 0815 849 333 57

Dewi Jasari mengatakan...

terima kasih banak atas informasi yang telah disajikan senang bisa berkunjung !
Cara Mengobati Gangguan Pencernaan

Posting Komentar