Senin, 04 Juni 2012

Apakah Pasien Tipus Menular?


Tanya:

Dear dokter Muchlis AU Sofro, SpPD KPTI,

Numpang tanya, apakah pasien typhoid menular? Apa penyebab utamanya? Karena di kantor saya, ada karyawan dibawa ke RS dengan mobil salah satu staf Jepang, ternyata karyawan tersebut terkena typhoid dan di pname.Lalu staf Jepang tersebut menolak untuk menggunakan mobil itu dan minta mobilnya untuk di bersihkan dengan antiseptik dulu. Lalu, apakah tipus dan typhoid itu sama? Terima kasih banyak sebelumnya. Semoga dokter sekeluarga sehat dan sukses selalu!

Best regards,
Femy

Jawab:



Penyakit Tifoid atau yang kita kenal dengan Penyakit Tifus merupakan penyakit infeksi yang mudah menular. Penularannya melaui “fecal dan oral”. Artinya melalui mulut dan anus. Kuman “Salmonella tiphy” sebagai penyebab tifus ada di saluran pencernaan. Tinja pasien tifus mengandung kuman tsb. Apabila berak di sembarang tempat bisa menularkan ke orang lain, melalui perantaraan lalat yg menempel di kotoran pasien dan menyebarkan ke makanan yg ditempeli lalat tersebut.
Jadi kalau mobil yg dipakai untuk membawa pasien tifus tentu tidak akan menjadi perantara penularan. Tindakan orang jepang u membersihkan mobil bekas mengantar pasien tifus tentu berlebihan.
Penyakit tifoid dan tifus sama saja. Hanya beda istilah saja.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar