Kamis, 14 Juni 2012

Bagaimana Agar Ginjal Kembali Normal?


Tanya:
Pak Dokter, setelah saya coba search di interrnet , saya baru tahu klo informasi perihal albumin yang ada pada hasil test urine, sebenarnya dari hasil test berapa tahun lalu juga sudah terdapat albumin di urin.
Mengingat 10 tahun lalu saya pernah terserang infeksi/batu ginjal. Setelah mempelajari pola makan akhirnya sudah jarang kambuh. cuma beberapa hari terakhir ini karena aktifitas kadang kurang minum dan pinggang terasa sakit kembali., Dan setelah chek up, dari hasil urine terdapat albumin positive 2.
Yang saya tanyakan apakah kondisi ginjal bermasalah? terapi atau pengobatan apa agar g injal dapat kembali normal? Saya sekarang 41 tahun, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Teguh

Jawab:

Mas Teguh, ginjal adalah salah organ penting yang berfungsi sebagai alat untuk menyaring kotoran yang harus dikeluarkan lewat urin. Apabila ginjal sedang bermasalah (infeksin, peradangan, batu, kebocoran) maka proses penyaringan tidak mampu berjalan dengan sempurna.
Akibatnya ada zat yg seharusnya tidak lolos (seperti protein albumin) malah tetap lolos dan keluar dari tubuh. Saat. Ini hasil pem urin mas teguh positif dua albumin.
Untuk itu perlu dievaluasi lebih lanjut fungsi ginjal (pem ureum creatinin), kadar Hb, Kolesterol darah, dan albumi dalam darah. Apakah saat ini muncul kembali infeksi saluran kencing atau infeksi ginjal, apakah ada kebocoran ginjal (sindroma nefrotik). Setelah itu baru dicarikann penanganan yang tepat.
Tetap sehat dan sukses.

0 komentar:

Posting Komentar