Rabu, 13 Juni 2012

Penyempitan Paru-Paru pada Tuna Rungu


Pertanyaan

Dear dr. Muchlis…
Salah seorang teman blogger (kira-kira berumur 25-30 th) yang kebetulan juga penyandang tuna rungu meninggal dunia secara tiba-tiba. Sebelum meninggal, beliau yang selalu bersemangat meski menyandang tuna rungu ini, menurut kabar yang saya terima keluar darah lewat hidung dan telinganya. Menurut berita yang saya dapat juga, beliau terkena penyempitan paru-paru setelah dicek di RS.

Nah, yang ingin saya tanyakan apakah meninggalnya teman blogger ini ada hubungannya dengan tuna rungu yang disandangnya atau murni dari penyempitan paru-paru?

Jika tidak, kira-kira ini sakit apa ya? Dan apa penyebabnya? Soalnya, saya sering sekali mendengar kabar, ada orang tiba-tiba meninggal setelah keluar darah, padahal sebelumnya tidak ada keluhan apa2.

Mohon pencerahannya, sebagai bentuk antisipasi. Terimakasih atas penjelasannya. Semoga dokter Muchlis sekeluarga sehat dan sukses selalu !!!

Salam,

Catur Hadi Purnomo
Blog: http://caturhp.multiply.com / http://caturhp.multiply.com/reviews
Web: http://hargahotelindonesia.com/
Facebook: http://www.facebook.com/caturhp
Twitter: http://twitter.com/caturhp

Jawaban



Dear Catur
Ikut berduka cita atas meninggalnya teman.
Meninggal dunia mendadak pada usia muda bisa disebabkan antara lain karena penyakit jantung koroner atau emboli paru (akibat ssumbatan aliran darah karena darah yang menggumpal). Bisa juga disebabkan oleh ACA (anti cardiolipin antigen) suatu bahan di dalam darah yg dapat menyebabkan pembekuan darah ssecara mendadak.
Penyakit jantung koroner bisa saja menyerang usia muda terutama yang memiliki keturunan penyakit jantung.
Sumbatan aliran darah bisa disebabkan oleh kurangnya aktivitas kita, atau memang ada bakat pembekuan darah. Tanda-tandanya tiba-tiba sesak nafas dan mengeluarkan darah dari hidung.
Hal ini tidak ada kaitannya dengan tuna rungu yang disandang oleh teman kita.
Oleh sebab itu, peliharalah kesehatan kita dg berperilaku hidup sehat. Makan bergizi, olahraga, beribadah.
Sukses selalu.

0 komentar:

Posting Komentar