Sabtu, 09 Juni 2012

Mengatasi Badan yang KurusTerus


Tanya:

Dear dr. Muchlis, saya Oktavia, remaja berusia 17 tahun saya ingin memiliki tubuh idel. Tubuh saya tinggi, tapi tetap kurus. Spa yang harus saya lakukan untuk menambah berat badan saya?

Terimakasih atas penjelasannya.

Jawab:



Saudari Octavia.
Usia 17 tahun adalah masa pertumbuhan. Pada wanita pertumbuhan badan umumnya berhenti di usia 22 tahun. Jadi masih cukup waktu untuk meninggikan badan. Kalau sekarang kurus, mungkin pertumbuhannya sedang naik ke atas (lebih ke tinggi badan). Namun perlu periksa juga apakah ada gejala TB Paru (batuk lebih dari 2 minggu, keringat keluar di malam hari, nafsu makan turun, dan berat badan turu).

Apakah ada “cacingan” di usus (periksa feses rutin, barangkali ditemukan telur cacing). Apakah ada benjolan kecil di leher? (Pembesaran kelenjar getah bening).

Oleh sebab itu, sempatkanlah pemeriksaan kesehatan secara lengkap ke dokter keluarga.

Selanjutnya makan yang bergizi (empat sehat lima sempurna: nasi, lauk pauk, sayuran, susu, buah). Ditambah dengan olahraga teratur dan terukur.
Insya Allah dengan mengamalkan hal2 tersebut, badan octavia tidak terlihat kurus lagi.

0 komentar:

Posting Komentar