Jumat, 15 Juni 2012

Bagaimana Agar Kolesterol Normal?


Tanya:

Dear Dokter Muchlis,

Tanggal 20 september saya melakukan cek lab, dengan hasil nilai kolesterol total 247. Setelah itu saya merubah asupan makanan saya. Pagi dan Malam saya makan oatmeal dan siang saja saya makan nasi. Setiap pagi saya jalan-jalan pagi (sebelumnya tidak pernah), saya juga mengurangi gorengan. Kemudian pada tanggal 26 nopember saya cek lagi. Mengejutkan, kolesterol saya justru naik 290(LDL 170 dan TG.80).

Setelah itu saya diberikan obat oleh dokter yaitu Simvastatin sebanyak 10 buah. Setelah obat habis, saya cek lagi kolesterol total saya, hasilnya 209. Saya diberikan 5 simvastatin lagi oleh dokter. Tapi sekarang sudah habis dan belum saya cek lagi.
Saya dapat advise dari teman saya yang juga terkena kolesterol, tapi dia tidak menyebutkan nilainya. Dia menyarankan saya untuk minum lipanthyl 100mg dan crestor 10 mg, masing2 1xsehari sebelum tidur.

Mohon saran Dokter, supaya kolesterol saya bisa normal? Dan bagaimana dengan saran teman saya untuk konsumsi 2 obat tsb, apakah harus saya laksanakan?

Terimakasih

Syaifullah Agus

Jawab:



Dear Syaifullah Sgus

Langkah untuk menurunkan kolesterol sudah tepat: olahraga teratur dan terukur disertai dengan diet membatasi asupan makanan yang mengandung lemak. Bila dg langkah tersebut belum berhasil perlu ditambahkan obat penurun kolesterol yang bermacam-macam, misalnya simvastatin, atorvastatin, dll.
Obat lypantil bukan untuk menurunkan kolesterol tapi trigliserid yaitu bagian dari kolesterol yg terbuat dari karbohidrat. Sedang crestor untuk menurunkan kolesterol, jadi bissa dikonssumsi. Ssebaiknya minimal limabelas hari.
Semoga berhasil.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kolesterol memang salah satu penyebab berbagai macam penyakit, pola hidup yg sehat sangat dianjurkan dalam mengontrol kolesterol.Konsumsi suplemen juga dapat membantu mengatasi penumpukan kadar kolesterol darah.

Posting Komentar