Minggu, 03 Juni 2012

Serangan Stroke Mendadak?


Tanya:


Saya ada sedikit pertanyaan, sopir ayah saya 5 hari yl. bangun tidur tidak bisa erbicara kecuali “ah uh – ahuh” gitu saja. Dia bisa berjalan kian kemari , tak apa2, hanya bicaranya yang sulit. Diajak ke RS dia tidak mau , katanya au dipijat aja

Setelah ayah marah , baru dia mau diajak ke RS. Ternyata dia irawat inap , diinfus dan mendapat sejumlah obat, yang saya tidak tahu. Diajuga mengalami CT Scan , kata dokter ada sedikit pendarahan. Saat itu tensinya 70/120. 3 hari kmudian dia sudah bisa berbicara , tapi suaranya agak serak2 gitu.

Sekarang dia sudah normal kembali . dengan tensi 140/90. Pertanyaan aya , apakah itu termasuik stroke (mulut tidak perot.) Agar kenaikan tekanan arah tidak terulang lagi , apakah dia harus seumur hidup minum obat tekanan darah? Obat apakah kira2 yang baik buat dia , mengingat dokert tidak memberti obat sama sekali sepulang dari RS. , dan sebaiknya diminum pagi atau malam hari? Terima kasih atas penjelasannya.
Jimmy

Jawab:



Mas Jimmy, apa yangg dialami oleh sopir mas adalah “stroke” akibat perdarahan otak yg dipicu oleh hipertensi tak terkendali. Gejala stroke tidak selalu bicara pelo. Bisa hanya kesulitan bicara, kesulitan mengingat, kesulitan menulis, kesulitan berjalan.
Karena mendapatkan penanganan segera maka tidak menimbulkan gejala sisa. Semua dapat pulih seperti sedia kala.

Penanganan hipertensi agar tidak kambuh: diit batasi garam (kalau makan tidak terlalu asin), sempatkan olahraga. Jika dengan usaha tsb tekanan darah belum terkendali, baru ditambahkan obat penurun tekanan darah yg biasanya diminum seumur hidup.

Demikian semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar