Selasa, 15 Mei 2012

Kenapa Pilek Tak Kunjung Sembuh?


Tanya:

Saya punya anak lelaki usia 10 thn.Sepanjang hari sepertinya Dia terus menerus pilek ( hidung berair ) dan sering disertai batuk berdahak. Dan anak saya juga punya asma, bahkan kalau tidur malam hari dia sering mengeluarkan bunyi seperti orang sesak. Tolong Dok…. obat apa yang cocok untuk dia ? Saya suka sedih melihat dan mendengar keadaannya, terutama sekarang – sekarang ini, penyakitnya sedang kambuh.

Jawab:

Pilek yang dikeluhkan sepanjang hari dan terus menerus bisa disebabka oleh antara lain: Rinitis alergika (alergi karena udara dingin, debu, asap, atau kelelahan), atau bisa juga disebabkan oleh tulang hidung yang bengkok (tidak lurus sebagaimana mestinya), atau bisa karena ada sinusitis (radang di daerah sinus/ rongga di sekitar tulang hidung).

Kebetulan ananda juga menderita sakit asma, kalau ada asma biasanya keluhan pileknya disebabkan oleh rinitis alergika. Sebab pasien asma seringkali juga menderita rinitis alergika (radang di hidung akibat alergi).
Untuk mengetahui lebih jelas apa penyakit ananda disarankan segera berobat ke dokter spesialis THT, untuk dievaluasi secara lebih teliti apa yang menyebabkan pilek yang tidak kunjung sembuh.

Bila benar pileknya karena rinitis alergika, maka langkah pencegahan yang bisa diambil untuk menghindari terjadinya pilek tersebut adalah dengan berusaha menghindari keadaan yang memudahkan munculnya alergi, seperti menghindari udara dingin, jauhi debu atau tempat yang mudah menyimpan debu rumah seperti kursi sofa, kasur tradisional, karpet, juga dihindari terjadinya kelelahan baik fisik maupun psikis.

Jadi, segera periksakan ke dokter spesialis THT terdekat ya.

0 komentar:

Posting Komentar