Senin, 14 Mei 2012

Bagaimana Jika Pasien Gagal Ginjal Transplantasi 2 Kali?


Tanya:

Dok, saya pasien gagal ginjal,umur saya  25th,saya sudah mengalami sakit ginjal selama 20thn.  Saya juga pasien transplan, tapi hanya bertahan 3thn,dan sekarang saya sudah 2thn menjalani HD. Sekarang kondisi saya dalam keadaan lumayan baik untuk pasien gagal ginjal yang ke 2. Kalsium saya bagus, albumin baik dan HB saya 9.

Ada beberapa pertanyaan yang saya ingin tanya ke dokter :

1.Sampai sekarang saya dianjurkan utk menggunakan suntikan Recormon 5000,Zemplar,Vit C 400mg dan Nefrofer smua ini hanya 1 minggu skali,apakah suntikan ini wajib  saya gunakan selama saya masih HD dok..?

2.Saya berencana untuk transplantasi yang ke 2 kalinya, apakah bisa sebaik transplantasi yang pertama dok?

3.Apakah ada alternatif lain dok yang bisa saya jalani seandaikan saya tidak transplantasi lagi?

Sekian pertanyaan dari saya,sekiranya dokter bisa membantu masalah saya ini, Terima kasih.

Wass.

Rian

Jawab:

Luar biasa perjuangan yang harus dilakukan oleh Sdr Rian. Dengan ketekunan dan kesabaran bisa menjalani hidup dengan ginjal yang pernah ditransplantasi dan sekarang cuci darah secara teratur.

1. Sampai sekarang saya dianjurkan utk menggunakan suntika Recormon 5000,Zemplar,Vit C 400mg dan Nefrofer smua ini hanya 1 minggu skali,apakah suntikan ini wajib  saya gunakan selama saya masih HD dok..?

Pasien dengan Gagal Ginjal (Penyakit Ginjal Kronik) akan mengalami kerusakan diginjalnya, padahal salah satu fungsi ginjal adalah menghasilkan hormone eritropoetin (hormon yang diperlukan dalam pembuatan sel darah merah atau eritrosit). Bila hormone itu tidak terbentuk sempurna maka pembuatan sel darah merah juga akan terganggu. Akibatnya, pasien dengan gagal ginjal selalu mengalami anemia, yang tidak jarang harus mendapat transfuse sel darah merah (PRC=Packed Red Cells) secara rutin, setiap tiga bulan sekali. Suntikan Recormon berusaha membantu memacu pembentukan hormone eritropoetin. Ada yang mengatakan bahwa suntikan Recormon ini menggantikan peran hormone eritropoetin, sehingga pembentukan sel darah merah lebih mudah, dan mengurangi frekuensi transfuse darah. Dengan demikian sebaiknya suntikan ini tetap diberikan selama menjalani HD (Hemodialisis = cuci darah).

2.Saya berencana untuk transplantasi yang ke 2 kalinya,apakah bisa sebaik transplantasi yang pertama dok..?

Insya Allah transplantasi ginjal yang ke dua ini akan lebih baik proses maupun hasilnya daripada transplantasi yang pertama. Karena dokter sudah ada pengalaman terdahulu, dan kondisi Rian saat ini tentu lebih baik daripada waktu transplantasi yang pertama.

3.Apakah ada alternatif lain dok yang bisa saya jalani seandaikan saya tidak transplantasi lagi?

Menurut kami, tidak ada alternatif lain yang lebih baik selain transplantasi ginjal. Sebab hingga saat ini, dengan prosedur yang lebih sempurna, transplantasi ginjal merupakan tindakan terbaik untuk mengatasi penyakit ginjal kronik, akibat ginjal mengalami kerusakan yang irreversible (tidak dapat diperbaiki lagi).

Jadi kalau ada dana, ada donor, dan ada kemauan yang kuat untuk menjalani transplantasi ginjal, sebaiknya jangan ditunda lebih lama lagi.  Semakin cepat, semakin baik bagi ginjal dan kehidupan Rian selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar