Minggu, 13 Mei 2012

Melahirkan Normal Saat Hernia, Mungkinkah?


Tanya: 


Pak Dokter.
Saya mau tanya, seorang wanita penderita penyakit usus turun/hernia apakah bisa melahirkan normal? Apakah solusinya dan pengobatan selanjutnya yang harus dilakukan? Terima kasih sebelumnya.

Ocha

Jawab:


Penderita Hernia mampu melahirkan secara normal. Penyakit usus turun (hernia) ada dua macam: hernia reponibilis (hernia yang masih dapat dikembalikan tanpa operasi) dan hernia irreponibilis (hernia yang tidak dapat dikembalikan tanpa melakukan operasi).

Usus kita mestinya terletak di dalam rongga perut. Namun ada kalanya pada beberapa orang yang mempunyai bakat hernia (karena ada lubang kecil atau ada kelemahan otot dasar panggul) sehingga suatu ketika kalau mengejan atau ada beban berat di rongga perut (saat hamil misalnya) akan memudahkan munculnya hernia tersebut.

Apakah ibu hamil dengan hernia mampu melahirkan secara normal? harus dievaluasi terlebih dahulu apakah hernia nya masih dapat dikelola tanpa operasi? Kalau dapat tanpa operasi berarti hernia nya tidak menghawatirkan dan pasien mampu melahirkan secara normal.

Akan tetapi kalau lubang hernianya sudah cukup lebar dan akan memacu memberatnya hernia dengan melahirkan normal, tentu dokter akan menyarankan untuk menjalani operasi sesar saat melahirkan.

Oleh sebab itu, bila ibu hamil sekaligus ada hernia nya, maka dokter kandungan akan bekerja sama dengan dokter bedah untuk evaluasi status hernianya.

0 komentar:

Posting Komentar